Jumat, 27 Juni 2014

Tips Cara Ampuh Mengatasi Batuk Bayi dan Balita

Tips Cara Ampuh Mengatasi Batuk Bayi dan Balita - Apakah bayi anda sering batuk? Memang, batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering mengganggu bayi dan balita anda. Batuk sebenarnya merupakan akibat dari infeksi saluran pernafasan atau akibat dari masuknya benda, cairan atau sesuatu ke dalam paru-paru anak.

Batuk juga dapat diakibatkan oleh alergi terhadap makanan, benda, kucing atau apapun yang dapat mengakibatkan alergi. Selain itu tersedak juga dapat mengakibatkan batuk pada anak anda. Batuk juga bisa dikarenakan sinusitis, yaitu radang di rongga sinus. Perlu bunda ketahui, batuk dibagi kedalam dua jenis, kronis dan batuk akut. 

Jika anak anda mengalami batuk selama 14 hari lebih atau batuk itu berulang, maka bisa dikategorikan sebagai batuk kronis. Anda sebaiknya berhati-hati, dan segara lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk batuk berulang jika anak anda mengalami batuk namun waktunya terjadi pengulangan, misalnya Januari, Februari dan Maret secara berturut-turut. Pada balita, kondisi seperti ini merupakan gejala penyakit Asma, TBC, atau batuk rejan ( batuk 100 hari ). Sedangkan batuk akut biasanya terjadi tidak lebih dari 14 hari. Dan batuk jenis ini tidak berbahaya, namun cukup mengganggu dan akan membuat anak anda menjadi rewel. 

Batuk akut biasanya disertai dengan flu, panas, demam. Batuk akut biasanya diakibatkan oleh beberapa hal seperti, flu, radang tenggorokan atau tersedak. Meskipun tidak berbahaya anda juga patut waspada, pasalnya batuk ini bisa sebagai pertanda suatu penyakit seperti pneumonia ( radang paru-paru ).


Tips Cara Ampuh Mengatasi Batuk Bayi dan Balita

Cara Mengatasi Batuk Bayi dan Balita


  • Jika anak batuk terus-menerus selama satu jam atau lebih perlu diwaspadai, kemungkinan ini merupakan gejala bronkhitis. Bronkhitis disebabkan oleh infeksi virus pada paru-paru. Batuk ini bisa diatasi dengan memberikan oksigen agar anak mudah bernapas.
  • Jika batuk disertai demam, biasanya sebagai gejala batuk rejan.Anak akan terlihat lesu, lidah membiru, dan sedikit minum. Apabila ada dua hal tersebut terjadi, anak segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Tidak memberi minuman dan makanan yang dapat merangsang timbulnya batuk. Contoh es, permen, atau makanan berlemak.
  • Memberi minuman dan makanan kepada anak dengan porsi sedikit tetapi cukup sering agar anak tidak muntah.
  • Mengolesi dada anak dengan minyak kayu putih atau minyak telon agar anak merasa nyaman.

Cara Mencegah Batuk Bayi dan Balita

  • Jika anda batuk sedang menyusui bayi, gunakan masker agar bayi Anda tidak tertular.
  • Tidak batuk di sembarang tempat.
  • Memberikan anak makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh anak tetap bagus.
  • Beberapa penyakit batuk bisa dicegah dengan imunisasi. Contohnya batuk pertusis dengan imunisasi DPT serta mencegah TBC dengan imunisasi BCG.
Bagaimana bunda? Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai Tips Cara Ampuh Mengatasi Batuk Bayi dan Balita, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar